Sistem Informasi dalam bidang Maritim, Logistik dan Transportasi | Manfaat dan Dampaknya

 


Sistem informasi merupakan gabungan dari ilmu komputer, manajemen dan bisnis. Sistem informasi sangat penting karena pada sistem informasi terdiri dari elemen-elemen yang saling berkaitan menjadi satu kesatuan untuk mencapai suatu tujuan. Mengapa belajar sistem informasi itu penting? Karena Sistem informasi adalah ilmu pengetahuan dimana setiap harinya kita tidak jauh dari elemen-elemen yang menjadi peran penting untuk kelangsungan sistem informasi. Jadi seperti adanya kegiatan sehari-hari untuk proses kelangsungan kehidupan. Sistem informasi akan fokus pada integrasi solusi teknologi informasi pada proses bisnis. Dimana pada sistem informasi dibekali dengan berbagai ilmu manajemen. Seperti: manajemen informatika,manajemen informasi, sistem informasi manajemen, manajemen sistem informasi. Tentunya, sistem informasi ini sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam bidang bisnis yang akan di kaitkan dengan dunia bisnis milenial. Sistem Informasi juga diperlukan pada bidang sebagai berikut :

1. Bidang Maritim

Indonesia merupakan negara maritim, negara maritim adalah negara yang sebagain besar wilayahnya merupakan perairan. Indonesia juga termasuk negara kepulauan terbesar di dunia. Untuk itu, perlu adanya sebuah sistem dimana untuk menghubungkan pulau satu dengan pulau yang lainnya. Penggunaan sistem informasi pada bidang maritim ialah mempermudah komunikasi antar pulau, nelayan yang satu dengan yang lain, atau untuk pemantauan lautan yang luas. Dengan sebuah sistem dimana terdapat informasi-informasi yang seharusnya tersampaikan untuk di proses pada daerah atau pulau yang lebih maju untuk segera mengeluarkan sebuah solusi dalam sebuah masalah di Pulau tersebut. Pada keadaan tersebut peran sistem informasi sangat penting terutama dalam bidang penyampaian informasi serta penyampaian data secara cepat dan akurat. Adanya sistem informasi akan menjadikan komunikasi akan mudah dalam sub-bidang misalnya, dalam koordinator pemerintahan, bisnis, industri dan sebagainya.

2. Bidang Transportasi

Penggunaan sistem informasi juga terdapat dalam bidang Transportasi. Transportasi merupakan hal yang sangat sering kita jumpai dan tidak jauh dari kita dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya sistem informasi juga berkaitan dalam bidang ini. Pada peraturan Menteri Perhubungan nomor. KM 49 tahun 2005. Sudah di jelaskan bahwa perencanaan kelancaran dalam  bidang transportasi akan terus di perbarui demi kelancaran percepatan sebuah penanganan dalam sesuatu masalah dengan cepat. Pada hal tersebut tentunya bidang transportasi tersebut ada sebuah proses dan elemen-elemen sistem informasi.

Pada transportasi darat di kota-kota besar dunia, sistem komputer digunakan untuk membantu mengarahkan lalu lintas. Komputer dapat menentukan apakah lampu harus berwarna merah, kuning, atau hijau tergantung pada keadaan lalu lintas. Demikian juga pengaturan lalu lintas kereta untuk menentukan jalur yang harus dilalui kereta sehingga mengurangi resiko kecelakaan. Sistem navigasi sangat terbantu oleh adanya komputer dan satelit navigasi sehingga arah dan tujuan kapal dapat ditentukan secara tepat.

3. Bidang Logistik

Logistik merupakan sebuah organisasi atau perusahaan yang mengatur agar barang atau material sampai pada tujuan dalam kondisi, jumlah, dan waktu yang tepat. Di sinilah dibutuhkan sistem dan peran yang bagus dari tim logistik perusahaan untuk mengoptimalkan performa dan kemampuan meminimalkan biaya operasi. Jadi, hal tersebut di kaitkan dengan penggunaan sistem informasi serta peran sistem informasi pada setiap kegiatan logistik. Selain itu, pembuatan aplikasi yang menunjang logistik serta perawatannya juga dibutuhkan, misalnya barang ini sampai dimana, kondisinya seperti apa, estimasi pengiriman berapa hari ada di aplikasi tersebut, karena hal tersebut dapat mengurangi rasa cemas konsumen.

            Secara keseluruhan, manfaat sistem informasi dalam 3 bidang tersebut antara lain :

1.    Meningkatkan aksebilitas data yang tersaji secara cepat dan akurat.

2.    Menjamin kualitas data yang telah tersampaikan atau meminimalisir kesalahan pada data.

3.    Mengembangkan proses perencanaan yang efektif dan efisien.

4.    Memudahkan pengidentifikasian kebutuhan yang akan mendukung proses dari sistem informasi.

5.    Mengantisipasi tejadinya kesalahan data pada sebuah perusahaan dengan manajemen yang besar. Keenam, memperbaiki terjadinya kesalahan teknologi yang di kaitkan dengan sistem informasi manajemen.

    Dampak dari adanya sistem informasi antara lain :

1.    Mengubah cara dan gaya hidup lebih ke arah teknologi informasi atau digital dan pola pikir yang lebih terstruktur dalam sebuah bidang atau organisasi.

2.    Sistem informasi menyediakan dukungan manajemen dalam operasi kegiatan bisnis sehari-hari. Ketika tanggapan atau respon yang cepat menjadi penting, maka kemampuan sistem informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi ke berbagai fungsi bisnis menjadi kritis atau penting.

3.    Sistem informasi untuk pengambilan keputusan manajemen. Sistem informasi akan membantu para manajer membuat keputusan yang lebih baik, lebih tepat, dan lebih bermakna. setiap perusahaan tidak akan lepas dari yang namanya masalah, terutama dengan pengelolaan manajemen. melakukan pemecahan masalah merupakan aktivitas penting yang harus dilakukan oleh seorang manajer.

4.    Sistem informasi untuk keunggulan strategis. Sistem informasi yang dirancang untuk  mencapai sasaran strategis dapat menyebabkan perusahaan menciptakan keuggulan bersaing di pasar.

 

Demikian pembahasan mengenai sistem informasi dalam 3 bidang. Terimakasih, semoga bermanfaat.

 

 

 

Refrensi :

https://transportgeography.org/?page_id=6578

https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2352146520308036


Komentar