Cara Mempercepat Booting di Windows 10 dengan Fast Startup




Menunggu itu membosankan, begitupun menunggu laptop atau PC kita menyala (Kalo nunggu doi itu lain cerita), Banyak faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya proses booting pada laptop atau PC, Hal hakiki yang mempengaruhinya adalah Spesifikasi, terutama spesifikasi pada processor dan hardisk apa yang digunakan (HDD/SSD).

Lalu bagaimana kalo laptop kita spesifikasinya pas - pasan, pakai HDD (Karena SSD lebih cepat), atau sudah tua umurnya, apakah bisa merasakan cepatnya booting? Hmm BISA! tapi tak secepat menggunakan SSD atau processor kelas tinggi ya sob dan perbedaannya tidak begitu signifikan sekitar 10 - 20 Detik lebih cepat.

Bagaimana caranya?
Pertama - tama kita harus mengenal Fast Startup, apa itu?

Fast Startup (Hybrid Boot) merupakan fitur baru yang diperkenalkan bersamaan dengan peluncuran Windows 8. Fitur ini bertujuan untuk mempercepat proses booting dan startup dengan cara menyimpan salinan driver dan kernel ke file yang diberi nama hiberfil.sys. File ini terletak pada partisi dimana sistem operasi Windows terinstall. Biasanya tersimpan pada Local Disk C. Jadi, siapkan ruang sekitar 2-5 GB.

File hiberfil.sys biasanya digunakan oleh fitur hibernate, namun semenjak Windows mempunyai fitur Fast startup, file ini digunakan oleh sistem untuk menyimpan driver dan kernel yang sebelumnya sudah termuat dan akan membuat Laptop atau PC kalian lebih cepat bootingnya saat dinyalakan. Lalu bagaimana caranya? Oke langsung saja.

Cara Menghidupkan dan mematikan Fast startup di Windows 10

1. Ketik "Power Options" pada Search Bar lalu tekan Enter. Cara lainnya adalah dengan cara mengklik kanan Start menu lalu pilih Power Options.



2. Pada sisi kiri, klik tulisan dengan judul "Choose what the power buttons do".



3. Disini, pilih opsi dengan judul "Change settings that are currently available" yang ada diatas.



4. Scrool kebawah, pada bagian pengaturan Shutdown, centang bagian label "Turn on fast startup (recommended)" untuk menghidupkan atau mengaktifkan fitur Fast Startup. Dan jikalau ingin mematikan hilangkan saja tanda centangnya. Jika sudah, Klik "Save Changes". Dan selesai.



NB : Jika ingin mengaktifkan fitur Fast Startup, Kalian harus mengaktifkan fitur hibernate juga.

Itulah cara mempercepat booting pada windows 10 dengan cara mengaktifkan fitur startup. Maaf jika ada kekeliruan atau hal semacamnya. Semoga bermanfaat and Have a Nice Day.

Komentar