Kenapa Android Lama - Kelamaan Lemot?



   Siapa yang nggak ngeluh kalo Android di zaman sekarang mengalami penurunan performa atau sering kita sebut lemot. Jangankan anda, saya pun juga. Mengapa bisa begitu? Salah satu penyebabnya adalah waktu. Lah kok nyalahkan waktu? Ya memang begitu karena semua hal didunia ini tidak ada yang abadi pasti ada yang mengalami penurunan atau pengurangan, yang membedakan hanya lamanya saja. Ada beberapa faktor lainnya yang membuat Android anda menjadi lemot belum pada waktunya ataupun yang sudah waktunya. Lets Go!

WAKTU

Ya, kita tidak bisa menghindari dari hal yang satu ini. Pada dasarnya komponen pada Smartphone Android anda mempunyai masa pakai, seperti baterai yang pada umumnya mempunyai masa pakai 1 tahun, tetapi bukan berarti tidak bisa dipakai, namun hanya terjadi penurunan performa sedikit demi sedikit. Tetapi sekarang smarphone sudah canggih yang mana memiliki masa pakai yang lebih dari 1 tahun bahkan sampai 2 tahun. Masa pakai ini berlaku pada semua komponen lainnya seperti processor, ram, kamera, dll.

APLIKASI

Kenapa aplikasi? Karena sekarang aplikasi mulai membengkak ukurannya dan membutuhkan spesifikasi yang lebih untuk bisa menjalankanmya tanpa hambatan. Tak hanya itu, banyak aplikasi yang memungkinkan untuk berjalan di background, yang mana memberatkan kinerja smartphone, tetapi hal ini untuk mendapatkan notifikasi secara real time ataupun fitur lainnya. Banyaknya aplikasi juga mempengaruhi performa android, jadi gunakan seperlunya saja, atau backup saja di file manager dan pasang jika butuh, ya walau sedikit repot.

PENGGUNAAN

Lemotnya android juga dipengaruhi oleh penggunaan si pengguna, jika si pengguna memaksakan akan memberatkan kinerja dan bahkan bisa mempengaruhi komponen hardwere smartphone yang mana bisa membuat smartphone anda lemot belum pada waktunya. Hindari dari panas berlebih.

Oke, mungkin itu saja informasi tentang apa yang membuat Android anda lemot. Semoga bermanfaat. Maaf jika ada salah informasi karena saya mendapatkannya dari pengalaman penggunaan. Terimakasih.

Komentar

Posting Komentar